Minggu, 22 Desember 2013

Tugas Pemrograman Mobile Membuat Canvas Android


LAPORAN PRAKTIKUM 8

         PEMROGRAMAN MOBILE

“CANVAS”


DISUSUN OLEH :
Ari Sulistyaningsih
12.12.0122/SI 12 C



LABORATORIUM KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIKOM PURWOKERTO
JL. LET.JEND.POL SUMARTO PURWOKERTO
2013


*    MEMBUAT APLIKASI CANVAS ANDROID MENGGUNAKAN ECLIPSE :
1.Langkah Pertama Pilih new à Android Application project

2.Langkah Kedua isikan Application Name.nya sesuai project anda. Kemudian pilih next.


3. Langkah ketiga ,centrang create project in workspaceuntuk memilih tempat dimana anda akan menyimpan data tersebut

4. Langkah KeEmpat pilih icon yang akan anda gunakan untuk lembar kerja pada eclipse. Anda bisa menggunakan image, clipart, atau teks Pilih next.

            5.Langkah Kelimat Pilih Blank activity à next

6.Langkah Keenam  anda bisa mengganti main activity.nya, terserah anda lalu Pilihfinish.


 7.Langkah KeTujuh akan muncul tampilan seperti dibawah ini biarkan tetap kosong.

8.Langkah Kedelapan klik activity_main.xml pada layout. Biarkan tetap kosong.

                9. Langkah Kesembilan  Memasukan syntak pada MainActivity.java

Lalu tuliskan syntak seperti dibawah ini :
package amikom.canvas_ary;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Color;
import android.graphics.Paint;
import android.view.Menu;
import android.view.View;

public class MainActivity extends Activity {

    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        //(SetContentView(R.layout.activity_main);
        setContentView(new canvas1 (this));
    }
    static public class canvas1 extends View {
               
                public canvas1 (Context context ){
                                // TODO Auto-generated constructor stub
                super (context);
    }
    protected void onDraw (Canvas canvas){
                Paint paint = new Paint ();
                Paint paint2 = new Paint ();
                Paint paint3 = new Paint ();
                paint3.setTextSize(30);
                paint.setColor(Color.BLUE);
                paint2.setColor(Color.GREEN);
                paint2.setAlpha(50);
                paint3.setColor(Color.BLUE);
                canvas.drawCircle(100, 100, 50, paint);
                canvas.drawRect (200, 50, 300, 50, paint2);
                canvas.drawText("Hello Word", 50, 200, paint3);
    }
               
    }


    @Override
    public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
        // Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
        getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
        return true;
    }


10..Langkah keSepuluh  kita jalankan aplikasinya, sebelum itu kita buat emulatornya terlebih dahulu dengan cara:
ü  Pilih windows, klik Android virtual Device manager.
ü  Lalu pilih emulator yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi
ü  Klik salah satu kemudian klik start
ü  Klik launch






11.Langkah Kesebelas  jika aplikasi yang kita buat berhasil maka akan muncul pada menu android.


12.Langkah keduabelas jika aplikasi Canvas_Ary kita  klik akan muncul tampilan seperti dibawah :




13..Langkah ketigabelas kita akan membuat canvas kedua caranya atau langkah-langkahya sama seperti membuat canvas pertama  hanya syintak pada activity javanya saja yang berbeda. Kita dapat menuliskan syintak pada java seperti dibawah ini :

package com.example.kanvas_ary2;

import android.os.Bundle;
import android.annotation.SuppressLint;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Bitmap;
import android.graphics.BitmapFactory;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Paint;
import android.view.Menu;
import android.view.View;

public class MainActivity extends Activity {

    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(new canvas3 (this));
    }
   
   
      
       static public class canvas3 extends View {
               
              Bitmap myImage;
             
              public canvas3 (Context context){
                     super (context);
                     myImage = BitmapFactory.decodeResource
                     (context.getResources(),R.drawable.ic_launcher);
              }
              @SuppressLint("DrawAllocation")
              protected void onDraw (Canvas canvas){
                     Paint paint = new Paint ();
                     canvas.drawBitmap(myImage, 100, 20, paint);
              }
       }
   


    @Override
    public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
        // Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
        getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
        return true;
    }
   
}

14.Langkah Keempatbelas  jika aplikasi kita run dan muncul pada menu android lalu kita klik aplikasi  Kanvas_Ary2 maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar